SITE MAP | PENGIKLANAN | HUBUNGI | DAPATKAN HADIAH MISTERI

Memang Gempaq

info panas | info semasa | info pelik |

.

Robot-Robot Pembunuh Ini Dicipta Untuk Bertempur Dimedan Perang Sekali Gus Membahayakan Nyawa Manusia

Bayangkan jika suatu saat nanti kita bergantung pada  robot lasak dan pintar  yang punya 'otak' dan kemampuan menjadi autonomous (bergerak otomatik). Lalu, perang tak terelakkan, robot-robot pembunuh boleh mengambil alih kuasa manusia.

Mungkin  tak masuk akal dan seperti plot film fiksi ilmiah popular? Jangan  tertawa. Siapa tahu robot seperti Terminator T-800 Model 101, yang diciptakan oleh Arnold Schwarzenegger dalam film 'Terminator' akan menjadi benar. Seperti halnya segala perkembangan teknologi saat ini, yang sama sekali tak terbayangkan 1 atau 2 dekade lalu.

Perkembangan teknologi drone (pesawat tanpa manusia) dan juga robot yang pesat saat ini, menjadi fakta pendukung bagi gagasan bahwa manusia akan memerlukann perlindungan dari robot pembunuh, mungkin ini bukan gurauan.

Potensi ancaman tersebut menjadi alasan sejumlah perwakilan negara dan organisasi dunia berkumpul, untuk membincangkan  bagaimana cara mencegah 'robot otonom mematikan'  atau lethal autonomous robots, dalam Konvensi Khusus PBB tentang Senjata Konvensional Tertentu (CCW) yang digelar di Jenewa, Swiss.

Sebuah konvensi yang sudah diratifikasi oleh 117 negara, termasuk negara-negara yang dijangka memiliki persenjataan canggih otonom yaitu Amerika Syarikat, Rusia, Israel, China, dan Korea Selatan.

Perdebatan panas tentang untung rugi menggunakan robot pembunuh di medan perang dipandu 2 ahli robot, Profesor Ronald Arkin dan Profesor Noel Sharkey.

Profesor Ronald Arkin dari Georgia Institute of Technology terang-terangan menyokong  Dengan alasan robot yang diprogram mengidentifikasi dan menyerang target tanpa kontrol manusia boleh mengurangi kematian dari pihak non-kombatan. Tapi ia mengatakan para robot tersebut  akan berperang habis habisan tanpa sebarang arahan

Di sudut lain, Profesor Noel Sharkey menentangnya sekeras-kerasnya . "Ini akan menimbulkan risiko besar pada kemanusiaan," katanya kepada BBC . "Saya mengkhawatirkan potensi terjadinya otomatisasi peperangan."

Tentangan juga turut diberikan dari para pembela hak asasi manusia (HAM). "Robot pembunuh akan mengancam hak dan prinsip paling mendasar dalam hukum internasional," kata Steve Goose, direktur divisi senjata LSM Human Rights Watch, seperti Liputan6.com kutip dari situs sains LiveScience, Rabu (14/5/2014). "Kita tidak melihat peluang metode bagaimana membuat mesin-mesin, benda mati itu bisa memahami atau menghormati nilai kehidupan, meski mereka punya kuasa untuk mengambilnya (nyawa)."

Human Rights Watch berpendapat, kemunculan robot-robot pembunuh harus dicegah secepat mungkin. Sebelum terlambat.Saat ini, senjata robotik, seperti drone telah dihantar ke medan perang di seluruh dunia. Ribuan orang mati kerananya, di antaranya adalah orang-orang tak berdosa termasuk anak-anak.

Operator drone membunuh banyak orang yang berada ribuan kilometer jauhnya, sementara ia duduk dengan di sebuah bunker komando.Tak sampai di situ. Sejumlah pengamat militer memprediksi, penelitian termutakhir akan boleh mewujudkan robot pembunuh otonom dalam 20 tahun.

"Sangat tak masuk di akal, tapi ini fakta, bahwa manusia berpikir baik-baik saja menyerahkan kekuasaan atas hak hidup manusia lain pada mesin," kata Jody Williams, aktivis politik sekaligus pemenang Novel Perdamaian atas usahanya  melarang penindasan  darat. "Jika kita tak membincangkan persoalan moral dan etika terkait hal ini, kita tidak akan mampu mengendalikan perang yang mengerikan." (Tnt)

Tajuk Paling Popular

Cara Bersetubuh Dalam Islam Yang Umat Islam Kena Tahu --> Baca Disini
Hukum Doktor Lelaki Memegang Dan Melihat Kemaluan Wanita-->Baca Disini
Kisah Benar Isteri Berzina Ketika Suami Outstation--> Baca Disini

Kisah Benar Anak Rogol Ibu Sendiri Hingga Hamil--> Baca Disini
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori info semasa dengan tajuk Robot-Robot Pembunuh Ini Dicipta Untuk Bertempur Dimedan Perang Sekali Gus Membahayakan Nyawa Manusia. Jika Artikel Ini Menarik Sila Bookmark dengan URL http://gempaqgiler.blogspot.com/2014/05/robot-robot-pembunuh-ini-dicipta-untuk.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: putera izman - 14/05/14

3 komentar untuk "Robot-Robot Pembunuh Ini Dicipta Untuk Bertempur Dimedan Perang Sekali Gus Membahayakan Nyawa Manusia"

Geng Blogger

Putera Izman